Minggu, 25 September 2016

Bahasa Planet Asing

:D ~ Aca aet ius ~ :D

Mas arvin lagi main sambil ngoceh tidak jelas. Mbahnya tidak paham apa yang dibicarakan, termasuk kami ... juga tidak paham :).

Mbah: "ngomong apa ya?" (sambil tersenyum melirik kami)
Bunda: "mas arvin kalau lagi ngomong gak jelas begini pakai bahasa apa ya?"
Arvin: "Aca aet" (bahasa planet)
Ayah: "Memangnya bahasa planet apa?"
Arvin: "Aet ius" (Planet Merkurius)
Ayah: "Ooo..."
Bunda: "Planet Jupiter be'e"
Arvin: "Aet ius"
Bunda: "Bumi" (goda bunda)
Arvin: "ius"

Wkwkwk ...
Memang di rumah, kami ada perpustakaan kecil, di situ ada salah satu buku ensiklopedia anak yang membahas tentang planet-planet. Entah mengapa yang terekam di ingatannya adalah Planet Merkurius. Yang pasti alhamdulillaaah ... kami sekeluarga belum pernah ke Planet Merkurius :D.

Mas Arvin (2 tahun 2 bulan) memang belum bisa baca buku tersebut, kami hanya membacakannya saat dia berumur masih 21 bulan. Beberapa kali dia ingin dibacakan buku tersebut, bergantian dengan buku yang lain. Ternyata recall-nya saat dia berusia sekarang ini.

Benda-benda angkasa seperti bulan dan bintang, dia kenal dari buku dan melihat langsung. Pernah kami ketika membahas tentang bulan, mas arvin langsung mengambilkan buku dan membuka lembar per lembarnya untuk menunjukkan gambar bulan yang ada di buku tersebut.

Tidak ada targetan dari kami untuk mengajarinya membaca, karena usianya masih kecil. Karena tidak boleh ada pemaksaan saat belajar membaca, karena hal itu tidak baik untuk kondisi anak yang masih di bawah usia 7 tahun. Dunia mereka masihlah dunia bermain, bukan seperti sekolah membaca. Jadi metode kami mengajarkannya pun dengan bermain. Targetan kami hanyalah menanamkan rasa cinta membaca terlebih dulu. Dengan cara membacakan buku saat dia akan tidur, atau membaca bersamanya saat dia ingin membaca (biasanya mas arvin tiba-tiba ambil buku di rak buku lalu memberikannya ke kami dan berkata "aca" alias "baca").

Tidak ada komentar:

Posting Komentar