Kamis, 29 Desember 2016

Main Marble PVC Pipe

Mas Arvin suka menyambung pipa-pipa yang ada di gudang menjadi bentuk entah apa itu ^_^. Terkadang saya masukkan kelereng ke dalam pipa dan mas Arvin berusaha mengeluarkan. Kebetulan saya ada sisa pipa 1/2" cocok dengan ukuran kelereng sehingga kelereng bisa menggelinding bebas di dalam pipa. Dari pengalaman itu, akhirnya Ayah punya ide untuk membuat labirin kelereng dari bahan pipa 1/2" yang bisa diubah-ubah bentuknya tergantung tingkat kesulitan labirin yang diinginkan. Lego ini saya beri nama Lego Labirin Pipa 1/2" atau Marble PVC Pipe Labyrinth.

Tapi lego ini tidak hanya untuk membuat labirin saja. Lego dari pipa ini bisa juga dibentuk menjadi bentuk-bentuk lain sesuai imajinasi anak-anak. Main marble PVC pipe seru juga.

Manfaat bermain lego labirin pipa ini mampu mengasah kemampuan imajinasi anak, kemampuan sensorik anak terhadap getaran dan bunyi, kemampuan motorik halus, dan logika atau pemahaman sistem. Jika permainan ini digunakan untuk memberikan tantangan kepada teman bermain maka kemampuan bersosialisasi juga berkembang.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Pipa paralon 1/2" sepanjang 3 meter.
  2. Pipa socket 1/2" sebanyak 5 buah.
  3. Pipa cap/tutup 1/2" sebanyak 4 buah.
  4. Pipa T 1/2" sebanyak 12 buah.
  5. Pipa elbow/knee 1/2" sebanyak 10 buah.
  6. Gergaji besi.
  7. Penggaris dan pensil.
  8. Amplas.


Langkah-langkah membuat lego labirin ini cukup mudah. Pertama, potonglah pipa paralon 1/2" menjadi 29 potong masing-masing berukuran 10 cm, dan 4 potong berukuran 5 cm. Tandai menggunakan pensil dan penggaris agar ukuran sama. Kedua, bersihkan ujung-ujung pipa bekas gergaji dengan amplas hingga halus agar aman digunakan saat bermain. Ketiga, rangkailah menjadi labirin pipa sesuai selera dengan memberi jalan masuk kelereng, jebakan berupa jalan buntu, tikungan, dan persimpangan, serta jalan keluar kelereng.

Mudah bukan? :)
Ajak anak-anak bermain dengan bentuk labirin yang mudah dulu untuk memahami aturan permainan. Kemudian tingkatkan kesulitan bentuk labirin. Dibawah ini contoh-contoh bentuk labirin yang bisa dibuat dengan bahan-bahan di atas.



Selamat bermain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar