Jumat, 07 Oktober 2016

Apa Anak Usia 2 Tahun Sekolah PAUD

Sambil bergaya bawa tas sekolah baru :) .

Ayah: "mas arvin kalau sekolah jam berapa?"
Arvin: "...elan" (jam sembilan)
Ayah: "di mana sekolahnya?"
Arvin: "..cuko" (Suko)
Ayah: "siapa nama gurunya, mas?.."
Arvin: "..nda" (bunda)
Ayah: "siapa muridnya?"
Arvin: "aci" (arvin)

Begitulah jawabannya kalau ditanya tentang sekolahnya. :)

Ini bukan berarti mas Arvin mau berangkat sekolah beneran, "sekolah"nya pun di rumah sendiri kok. Tapi hanya ingin membiasakan atau mengenalkan ke mas Arvin apa itu sekolah. Bahwa sekolah itu ada jam masuk dan pulangnya, ada guru dan muridnya, ada yang dipelajari, ada tas dan alat tulis yang harus dibawa atau disiapkan, dan lain sebagainya. Semua ini kami lakukan di rumah, berpura-pura sedang di sekolah, bermain peran sebagai murid, yakni mas arvin, dan ada juga yang sebagai guru, yakni bunda. Sedangkan untuk mengasah kemampuan interaksi sosialnya, mas Arvin dibiasakan bermain dengan teman-teman di sekitar lingkungan rumah.

Nah, kalau materi PAUD (Pendidikan Anak Usia dini), insyaAllah ada yang berbagi filenya. Tinggal download lalu print. Jadi gak perlu bingung mau ngajar apa. Untuk linknya tinggal klik berikut ini: download kegiatan PAUD.

Tapi jika Anda merasa tidak memungkinkan untuk mengajar anak secara mandiri, apa boleh anak usia 2 tahun sudah mulai sekolah PAUD?

Sebaiknya anak masuk kelompok bermain ketika usianya 3 tahun dan termuda usia 2,6 tahun, dengan pertimbangan agar mereka bisa lebih banyak bercengkerama dengan anggota keluarga. (Sumber: tabloid-nakita.com)

Tetapi bagi anak-anak yang sehari-harinya hanya dengan pengasuh dan kurang mendapatkan stimulasi, akan lebih baik jika mengikutsertakan anak usia 2 tahun pada kelompok bermain yang memperkenalkan anak pada alam dan lingkungannya. Hal tersebut bisa menjadi jalan keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar