Kamis, 20 Oktober 2016

Balita Main Gunting dan Pistol Air

Kemampuan motorik halus merupakan kemampuan yang penting yang dibutuhkan anak-anak sebagai persiapan masuk sekolah, terutama dalam hal menulis. Dalam hal ini, banyak cara yang dapat digunakan untuk melatihnya, salah satunya adalah kegiatan menggunting kertas dan bermain pistol air. Kegiatan ini bisa mulai diperkenalkan pada anak-anak saat mereka berusia 2 atau 3 tahun.

Menurut ayah, kegiatan yang paling menantang bagi mas arvin adalah kegiatan menggunting kertas. Terkadang ketika sudah capek mencoba, akhirnya butuh seminggu lebih untuk mau mencoba lagi. Kegiatan menggunting kertas ini memang bukanlah kegiatan yang mudah bagi anak-anak atau balita. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengajari kegiatan tersebut sampai mereka terampil. Orangtua harus sabar dan tidak memaksakan anak saat berlatih kegiatan ini, harus dengan suasana bermain dan memberikan kesempatan mereka kebebasan mengeksplorasi penggunaan gunting. Oleh karena itu, pemilihan jenis gunting juga menjadi hal penting agar anak-anak tetap aman saat menggunakannya. Jenis gunting yang aman yaitu yang mata pisaunya bukan dari bahan logam melainkan plastik. Keseluruhan bahannya dari plastik.

Sebelumnya mas arvin pernah luka kecil akibat bermain gunting logam kecil. Tapi mas arvin tetap semangat belajar menggunting dan tetap penasaran tanpa menghiraukan lukanya. Akhirnya kami coba mencarikan gunting dari plastik yang dulu pernah dikenalkan oleh kakak kami. Ternyata di beberapa toko mainan di Sidoarjo yang kami datangi tidak menjual gunting plastik tersebut. Di toko alat-alat tulis "P**angi" juga tidak ada. Alhamdulillaah akhirnya dapat juga di toko alat-alat tulis di jalan Gajah Mada 74 sebelah kanan jalan. Harga gunting plastik di situ Rp4.500. Barangnya bagus, lumayan masih bisa digunakan untuk seukuran tangan mas arvin.

Manfaat belajar menggunting, antara lain melatih ketahanan otot-otot jari, khususnya jari telunjuk dan jempol. Kedua jari ini sangat berhubungan dengan kegiatan menulis.

Manfaat berikutnya adalah melatih koordinasi mata dan kedua tangan. Ketika anak sedang menggunting maka tangan kanan fokus pada gunting agar tetap tegak lurus dengan kertas saat menggunting sambil membuka-tutup mata pisau gunting. Di tangan kiri, tangan fokus mengarahkan kertas ke gunting. Sedangkan mata fokus melihat arah gerak gunting, lurus atau melengkung.

Manfaat berikutnya dari kegiatan menggunting adalah melatih kesabaran dan konsentrasi anak. Jangankan anak-anak, kita saja, orang dewasa saat menggunting, perhatikan bibir kita, ... kalau gak mecucu paling-paling sambil melet. :D

Sedangkan kegiatan yang paling seru bagi mas arvin (dan ayahnya) adalah bermain pistol air. Hampir setiap hari ayahnya yang malah diajak bermain pistol air. Kebetulan kami punya dua pistol air. Kalau pas main, mas arvin sampai basah kuyup karena sekalian persiapan mandi. Ayahnya, sementara ini, yang sering menang kalau perang pistol air dengan mas arvin ... wahahaha. :D

Saat bermain pistol air, jari-jari tangan anak dilatih untuk tahan memompa pistol air, memegang pistol air, dan sekaligus mengarahkan arah semprotan ke arah yang diinginkan. Hal ini berarti koordinasi mata dan tangan juga ikut dilatih.

Baik kegiatan menggunting maupun bermain pistol air, keduanya bagus untuk melatih motorik halus anak. Dan saat sekolah, insyaAllaah kemampuan tersebut menjadi salah satu kemampuan yang cukup membantu kegiatan belajar anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar